• Blog Stats

    • 24,304 hits
  • console

  • Categories

  • Archives

Kalau Komputer Saya Rusak, Saya Harus Bagaimana ya?

Bila PC Anda mulai membandel, jangan langsung membawanya ke tukang servis atau memanggil divisi TI pada perusahaan Anda. Bukankah lebih baik jika Anda mengetahui cara menyelesaikan masalah pada PC Anda sendiri? Kali ini gw akan memberikan tips menyiasati masalah pada PC.

Kalau PC Anda sama seperti gambar di atas, berarti sudah saatnya Anda mengganti PC

1. Cobalah me-restart PC. Me-restart PC adalah cara termudah tetapi yang sering dilupakan oleh para pengguna PC. Windows terkadang dapat memperbaiki kesalahan yang ada pada sistemnya hanya dengan me-restart PC. Bila menekan tombol “Start | Turn Off Computer” tidak befungsi, cukup tekan tombol ‘reset’ yang ada pada panel PC Anda. Untuk mematikan PC secara manual, tekan dan tahan tombel power selama beebrapa detik dan lepaskan. Cara paling terakhir adalah mencabut (jangan digoyang) konektor listrik.

2. Memahami sumber permasalahan. Restart tidak dapat menyelesaikan semua masalah PC. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat ketika PC menghadapi masalah yang serius. Bagaimana gejala pada PC? Seperti apakah seharusnya PC berjalan? Kapan terakhir kali software berjalan dengan baik? Kapan pertama kali masalah tersebut muncul? Apakah yang berubah sejak itu? Apakah hal ini mengganggu Anda? Ketika Anda telah menemukan masalah yang mengganggu Anda – dan seberapa sering hal tersebut terjadi – barulah Anda dapat memperbaikinya.

3. Jangan berharap terlalu banyak. Anda harus menyadari bahwa PC Anda punya batasan. Anda meminta terlalu banyak bila PC yang bisa dianggap bagus setahun yang lalu diharapkan untuk dapat menjalankan program tercanggih yang ada sekarang. Komputer bukanlah benda elektronik statis seperti microwave dan DVD Player. Ia selalu berubah dan berevolusi dengan cepat, sehingga PC yang berfungsi dengan baik tahun lalu akan memiliki kinerja yang sama menghadapi program yang ada sekarang. Semakin canggih program, maka semakin rumit pula proses komputasi yang harus dijalankan oleh PC. Harap selalu Anda ingat bahwa permintaan sistem yang ada pada bungkus software sebaiknya diperlukan sebagai syarat minimum yang harus dipenuhi oleh pengguna PC. Oleh karena itu, semakin besar kekuatan PC Anda, semakin baik.

4. Baca buku manual. Terkadang permasalahan yang Anda temui sebenarnya telah dijelaskan pemecahannya di dalam menu Help, FAQ, buku manual, dalam website pabrikan pembuat perangkat, atau dalam forum online. Cara terakhir adalah yang terbaik, tetapi Anda membutuhkan banyak waktu untuk mencarinya di antara topic dalam forum. Walau terlihat sangat sulit dan menyita waktu, cara ini mungkin akan menjadi satu-satunya penolong Anda akan masalah yang dihadapi. Apalagi jika technical support juga gagal mengenali masalah yang Anda hadapi.

5. Selesaikan sendiri masalah Anda. Bila Anda telah menemukan jawaban dari masalah Anda, ada baiknya Anda coba terapkan sendiri. Namun, jika pemecahannya membutuhkan tingkat keahlian yang tidak Anda miliki, ada baiknya pula Anda menghubungi technical support. Bila masalah Anda berada pada kerusakan software, meng-install ulang software tersebut akan lebih mudah daripada mencari file yang rusak. Lagipula, cara ini berhasil untuk hampir semua masalah pada software.

6. Kumpulkan informasi. Sebelum menghubungi technical support, pastikan Anda menyiapkan segala informasi yang mungkin dapat membantu mereka ketika berusaha menyelesaikan masalah yang terjadi pada PC Anda. Beberapa informasi mengenai apa yang terjadi pada PC Anda seperti pesan error yang muncul di layar atau bunyi aneh pada PC dapat memberi bantuan yang berguna untuk technical support. Hal lain yang perlu ANda sampaikan pada mereka adalah nama produk dan versinya, sistem operasi yang Anda gunakan, spesifikasi hardware, dan kartu pembelian produk. Oleh karena itu, selalu simpen baik-baik semua benda yang Anda dapatkan ketika membeli PC Anda seperti kartu garansi, kabel-kabel, dan CD instalasi.

7. Jangan buang waktu dan uang. Bila Anda yakin masalahnya ada pada hardware, ada baiknya Anda membuka cover CPU dan memeriksa sambungan listrik sebelum menghubungi technical support. Waktu yang terbuang ketika mereka membuka cover tersebut dapta merugikan Anda, apalagi jika mereka dibayar dengan hitungan waktu (menit atau jam). Selain itu, periksa hal sepele yang biasanya dapat membuat komputer tidak dapat bekerja seperti sambungan listrik yang longgar. Akan sangat konyol jika Anda membayar hanya karena hal sepele seperti itu.

8. Berusaha untuk selalu tenang. Berteriak pada staff technical support tidak akan dapat menyelesaikan masalah Anda. Anda harus menyadari bahwa mereka bukan orang serba tahu yang bisa menyelesaikan segala hal. Terkadang software third party dapat menyebabkan PC bermasalah dan hal ini bukanlah keahlian dari staff support dari produk yang Anda miliki.

9. Beri dukungan penuh. Bersiaplah untuk bekerjasama dengan sraff technical support. Anda tidak dapat menyelesaikan masalah pada PC jika Anda berada jauh dari PC ketika menghubungi mereka. Biarkan komputer Anda menyala dam bersiaplah untuk menerima dan mengikuti instruksi yang diberikan.

10. Menghubungi technical support. Inilah cara terakhir bila semua permasalahan Anda tidak dapat diselesaikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: